PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PROMOSI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BERBASIS WEB DI PROVINSI BANTEN DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL
Keywords:
informasi umkm, promosi produk, peningkatan penjualan, strategis promosiAbstract
Promosi dan penyebaran informasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan ciri khas Banten memiliki peran strategis dalam meningkatkan daya saing dan potensi ekonomi daerah. UMKM khas Banten mencakup berbagai produk, seperti makanan tradisional, kerajinan tangan, serta produk budaya yang mencerminkan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi yang efektif dan platform informasi yang relevan untuk meningkatkan visibilitas UMKM khas Banten di pasar lokal, nasional, maupun internasional. Metode yang digunakan mencakup studi literatur, pengumpulan data informasi UMKM, serta analisis media promosi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi strategi digital marketing melalui media sosial, marketplace, serta event offline seperti pameran budaya, mampu meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk UMKM khas Banten. Selain itu, dukungan pemerintah daerah dalam menyediakan akses pelatihan digital dan pendanaan turut berperan signifikan. Dengan demikian, sinergi antara pelaku UMKM, teknologi, dan kebijakan pemerintah menjadi kunci keberhasilan promosi dan informasi UMKM khas Banten untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Dengan disajikan platfom berbasis website untuk memberikan infromasi terkait produk UMKM khas banten akan mempengaruhi perekonomian daerah dari segi pasar.